Pages

Labels

Senin, 18 Maret 2013

Ciwangun Indah Camp (CIC)


Ciwangun Indah Camp (CIC)

 Ciwangun Indah Camp (CIC) mulai dirintis pada awal bulan Agustus 2006. Soft Launching pada 05 September 2006 dan Grand Launching pada 05 September 2007. Adalah H. Kosasih, seorang putra daerah yang mempunyai ide untuk mengembangkan sebuah kampung kecil, yaitu Ciwangun untuk menjadi sebuah tempat tujuan wisata. Pada mulanya H. Kosasih melihat bahwa kampung tempat ia dilahirkan tersebut memiliki potensi wisata yang cukup baik karena ciwangun adalah sebuah kampung yang memiliki kondisi alam yang indah dan alami. Bahkan ciwangun juga memiliki beberapa air terjun yang tidak kalah menarik dari objek wisata lainnya. Ditambah lagi perkebunan teh milik PTPN VIII sangat dekat lokasinya dengan kampung ciwangun, jadi bagi para pengunjung yang ingin melakukan kegiatan tea walk tidak perlu jauh-jauh lagi mencarinya. Atas dasar itulah H. Kosasih bersama rekannya yang lain berinisiatif membuka tempat pariwisata di kampung ciwangun.
 Selain alasan diatas, CIC berdiri tidak semata-mata untuk mencari keuntungan ekonomi. CIC berdiri mengemban sebuah misi social yaitu pemberdayaan masyarakat, baik secara fisik maupun non fisik. Sebagai seorang aktivis lingkungan dan yang ditokohkan oleh masyarakat sekitar, jiwa beliau terpanggil untuk mengembangkan ciwangun menjadi sebuah kampung yang lebih baik. Tujuan lain adalah dalam rangka pemberdayaan tenaga yang ada disekitar ciwangun. Saat pembangunan Ciwangun Indah Camp, hampir 98 % dari seluruh karyawan bangunan CIC adalah masyarakat kampung Ciwangun dan sekitarnya. Sampai saat ini pun untuk tenaga operator/instruktur CIC sebagian diambil dari masyarakat kampung Ciwangun dan sekitarnya.
 Alasan lain berdirinya CIC outbound adalah dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi efek rumah kaca atau global warming. Sebagian besar wilayah CIC adalah hutan lindung milik Perhutani. CIC diharapkan mampu memelihara hutan tersebut bahkan mengawasi dari penebangan liar yang dilakukan masyarakat. Pada tahun 2007, CIC memiliki program Tanam Satu Juta Pohon. Sampai saat ini tidak kurang dari 50.000 ribu pohon sudah ditanam kembali diarea sekitar CIC Outbound. Program ini jelas sekali banyak manfaatnya. Selain mengurangi efek rumah kaca atau global warming, area CIC yang memiliki beberapa sumber mata air yang digunakan oleh hampir sebagian besar masyarakat Kec. Parongpong, Cisarua, Cimahi bahkan Bandung akan terjaga volumenya sebab pohon-pohon yang berada di area CIC sangat berperan dalam menyerap air yang kemudian menciptakan beberapa titik mata air.
1.     Visi

Visi : Menjadi tempat tujuan wisata dan tempat outbound terbesar dan terlengkap di Jawa Barat
Misi :
·        Menyediakan layanan outbound yang lebih baik dari tempat outbound lainnya (differensiasi)
·        Menjaga kelestarian lingkungan dalam rangka mengurangi efek rumah kaca dan global warming.
·        Meningkatkan kepedulian terhadap dunia pendidikan*
·        Menyediakan tempat dan layanan pelatihan/pendidikan bagi organisasi, perusahaan, dan masyarakat umum lainnya melalui aplikasi praktis dengan Experiential Learning yang merupakan suatu metode pelatihan dengan melakukan pendekatan/simulasi (direct-experience).
 2.      Lokasi dan Kondisi Alam
     CIC beralamat di Jl. Kol. Masturi/Jl. CIC Kp. Ciwangun RT. 03 RW. 15 Ds. Cihanjuang Rahayu Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat
  1. Luas area CIC adalah 22 Ha, terdiri dari:
·        hutan pinus
·        aliran sungai Situ Lembang - Cimahi
·        air terjun
·        goa
·        kebun teh
·        hutan
·        lembah/Tebing
·        danau buatan
·        kebun strawberry
·        area pertanian. 
  1. CIC berada 1000 m diatas permukaan laut dengan kisaran suhu udara dari 17˚ C hingga 25˚ C.
  2. Diarea CIC juga masih banyak hewan liar, mulai dari beberapa jenis burung  sampai dengan banyaknya monyet liar area ini.

Fasilities and Activities


1.     Fasilitas
  1. Saung Pertemuan
  2. Saung Istirahat (Penginapan)
  3. Gazebo
  4. Aula
  5. Camping Ground
  6. Café Strawberry
  7. CIC Entertainment
  8. Lapangan Parkir Yang Luas
  9. Permainan Anak
  10. Villa
  11. dll
2.     Outbound Activities
  1. Flying Fox I (200 m)
  2. Flying Fox II (75m)
  3. Flying Fox III (250 m)*
  4. V-Bridge
  5. Two Line Bridge
  6. Elvis Bridge
  7. Spider Web
  8. Rock Climbing
  9. Wall climbing
  10. Rapelling
  11. Hiking
  12. Mini ATV
  13. Paint Ball
  14. Air Soft Gun
  15. Wisata Berkuda
  16. Wisata Tani
  17. Mini Motocross*
  18. Perahu Dayung
  19. dll

Fasilitator


1.     Fasilitator
Fasilitator yang ada di CIC memiliki beberapa kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan client antara lain :
  1. Instruktur & Fasilitator (Trainer)
Adalah tenaga-tenaga professional yang sudah berpengalaman dibidangnya terutama dalam pelatihan-pelatihan yang berbasis experiental learning. 
  1. Tenaga Medis (Paramedic)
Adalah tenaga medis yang berpengalaman dalam setiap kegiatan pelatihan.
  1. Instruktur High Rope
·        Instruktur tetap kegiatan high rope (game outbound) CIC diambil dari beberapa anggota pencinta alam  yang sudah berpengalaman dibidang outbound dan mereka sudah mengenal lokasi CIC secara detail.
·        Instruktur kegiatan high rope (game outbound) CIC ditekankan memiliki beragam keahlian tidak sekedar keahlian dalam bidang outbound.
·        Instruktur kegiatan high rope (game outbound) CIC juga dituntut memiliki sebuah pemikiran bahwa keselamatan dan keamanan client pada saat kegiatan outbound adalah factor yang sangat penting untuk diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news

Sample text

Blogroll

About

Sample Text